Halaman

Sabtu, 19 Oktober 2013

MEMBUAT GARIS VERTIKAL , HORIZONTAL DAN DIAGONAL MEMAKAI OPENGL




 


TUGAS
GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA







MEMBUAT GARIS VERTIKAL,HORIZONTAL dan DIAGONAL PADA OPENGL

Nama : Ika Novita Sari
Kelas : 3KA33
NPM : 13111486




 MEMBUAT GARIS VERTIKAL PADA OPENGL

/* OpenGL animation code goes here */
            glClearColor ((0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
            glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
            glPushMatrix ();
            glClearColor(1,1,1,0);
            glColor3f(1,1,1);
            glBegin(GL_LINES);
            glVertex3f(0,0,-0.0);
            glVertex3f(0.0,130.0,0.0);
            glEnd ();
            glPopMatrix ();
            SwapBuffers (hDC);
            Sleep (1);
        }
    }

Output program

 



Logika Program
pada pembuatan garis vertikal itu harus lebih memahami masalah di line bagian “glvertex3f” disinilah yang dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan sendiri sesuai keinginan kita dan disinilah pemahaman tentang koordinat diperlukan. Untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tekan F9 untuk mengcompile dan merunning program OpenGL tersebut kemudian  jendela untuk open GL sample pun akan keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis Vertikal.

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); //Berguna untuk memilih warna yang digunakan
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
// Berguna untuk membersihkan layar latar belakang.
glPushMatrix (); //Untuk Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar. glBegin(GL_LINES); //Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);
//Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);
//Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd (); //Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir.
glPopMatrix ();
//berguna untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC); //berguna untuk mengantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar

Sleep (1) digunakan untuk menutup dari semua cooding.

MEMBUAT GARIS HORIZONTAL PADA OPENGL

/* OpenGL animation code goes here */
 glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix ();
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);
glEnd ();
glPopMatrix ();
SwapBuffers (hDC);
Sleep (1);
}
}

OUTPUT PROGRAM :



Logika program :
pada pembuatan garis horizontal sama seperti sebelumnya lebih memahami masalah di line bagian “glvertex3f” disinilah yang dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan sendiri sesuai keinginan kita dan disinilah pemahaman tentang koordinat diperlukan. Untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tekan F9 untuk mengcompile dan merunning program OpenGL tersebut kemudian  jendela untuk open GL sample pun akan keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis horizontal .

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); //Berguna untuk memilih warna yang digunakan.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
// Berguna untuk membersihkan layar latar belakang.
glPushMatrix (); //Untuk Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar. glBegin(GL_LINES); //Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);
//Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);
//Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd (); //Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir.
glPopMatrix ();
//berguna untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC); //berguna untuk mengantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar

Sleep (1) digunakan untuk menutup dari semua cooding.

MEMBUAT GARIS DIAGONAL PADA OPENGL
         /* OpenGL animation code goes here */
   glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix ();
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0,0,-0.8);
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);
glEnd ();
glPopMatrix ();
SwapBuffers (hDC);
Sleep (1);
}
}

OUTPUT PROGRAM :







Logika program :
pada pembuatan garis diagonal sama seperti sebelumnya lebih memahami masalah di line bagian “glvertex3f” disinilah yang dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan sendiri sesuai keinginan kita dan disinilah pemahaman tentang koordinat diperlukan. Untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tekan F9 untuk mengcompile dan merunning program OpenGL tersebut kemudian  jendela untuk open GL sample pun akan keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis Diagonal .

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); //Berguna untuk memilih warna yang digunakan.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
// Berguna untuk membersihkan layar latar belakang.
glPushMatrix (); //Untuk Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar. glBegin(GL_LINES); //Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);
//Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);
//Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd (); //Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir.
glPopMatrix ();
//berguna untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC); //berguna untuk mengantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar

Sleep (1) digunakan untuk menutup dari semua cooding.
 
http://www.4shared.com/office/Z-H72NMb/OpenGL_animation_code_goes_her.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar