TUGAS
GRAFIK
KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA
MEMBUAT
GARIS VERTIKAL,HORIZONTAL dan DIAGONAL PADA OPENGL
Nama : Ika Novita Sari
Kelas : 3KA33
NPM : 13111486
MEMBUAT GARIS VERTIKAL PADA OPENGL
/* OpenGL
animation code goes here */
glClearColor
((0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1);
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0,0,-0.0);
glVertex3f(0.0,130.0,0.0);
glEnd ();
glPopMatrix ();
SwapBuffers (hDC);
Sleep (1);
}
}
Output program
Logika Program
pada
pembuatan garis vertikal itu harus lebih memahami masalah di
line bagian “glvertex3f” disinilah yang dimana sebuah garis dibuat dengan
koordinat yang kita tentukan sendiri sesuai keinginan kita dan disinilah
pemahaman tentang koordinat diperlukan. Untuk pembuatan garis yang sesuai
fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tekan F9 untuk mengcompile
dan merunning program OpenGL tersebut kemudian jendela untuk open GL sample pun akan keluar
dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis Vertikal.
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); //Berguna untuk
memilih warna yang digunakan
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); // Berguna untuk membersihkan layar latar belakang.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); // Berguna untuk membersihkan layar latar belakang.
glPushMatrix (); //Untuk Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar. glBegin(GL_LINES); //Untuk menggambar
garis dari titik yang digunakan.
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f); //Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f); //Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f); //Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f); //Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd (); //Untuk mengakhiri gambar garis di
titik akhir.
glPopMatrix (); //berguna untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glPopMatrix (); //berguna untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers
(hDC); //berguna untuk
mengantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar
Sleep (1) digunakan untuk menutup
dari semua cooding.
MEMBUAT GARIS HORIZONTAL PADA OPENGL
/* OpenGL
animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix ();
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(-0.6f,
0.0f, 0.0f);
glVertex3f(0.6f,
0.0f, 0.0f);
glEnd ();
glPopMatrix ();
SwapBuffers
(hDC);
Sleep (1);
}
}
Logika program :
pada
pembuatan garis horizontal sama seperti sebelumnya lebih memahami masalah di line
bagian “glvertex3f” disinilah yang dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat
yang kita tentukan sendiri sesuai keinginan kita dan disinilah pemahaman
tentang koordinat diperlukan. Untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang
kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tekan F9 untuk mengcompile dan
merunning program OpenGL tersebut kemudian jendela untuk open GL sample pun akan keluar
dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis horizontal .
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); //Berguna untuk
memilih warna yang digunakan.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); // Berguna untuk membersihkan layar latar belakang.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); // Berguna untuk membersihkan layar latar belakang.
glPushMatrix (); //Untuk Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar. glBegin(GL_LINES); //Untuk menggambar
garis dari titik yang digunakan.
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f); //Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f); //Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f); //Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f); //Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd (); //Untuk mengakhiri gambar garis di
titik akhir.
glPopMatrix (); //berguna untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glPopMatrix (); //berguna untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers
(hDC); //berguna untuk
mengantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar
Sleep (1) digunakan untuk menutup
dari semua cooding.
MEMBUAT GARIS DIAGONAL PADA OPENGL
/* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix ();
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0,0,-0.8);
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);
glEnd ();
glPopMatrix ();
SwapBuffers
(hDC);
Sleep (1);
}
}
OUTPUT PROGRAM :
Logika program :
pada
pembuatan garis diagonal sama seperti sebelumnya lebih memahami masalah di line
bagian “glvertex3f” disinilah yang dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat
yang kita tentukan sendiri sesuai keinginan kita dan disinilah pemahaman
tentang koordinat diperlukan. Untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang
kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tekan F9 untuk mengcompile dan
merunning program OpenGL tersebut kemudian jendela untuk open GL sample pun akan keluar
dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis Diagonal .
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); //Berguna untuk
memilih warna yang digunakan.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); // Berguna untuk membersihkan layar latar belakang.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); // Berguna untuk membersihkan layar latar belakang.
glPushMatrix (); //Untuk Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar. glBegin(GL_LINES); //Untuk menggambar
garis dari titik yang digunakan.
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f); //Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f); //Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f); //Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f); //Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd (); //Untuk mengakhiri gambar garis di
titik akhir.
glPopMatrix (); //berguna untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glPopMatrix (); //berguna untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers
(hDC); //berguna untuk
mengantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar
Sleep (1) digunakan untuk menutup
dari semua cooding.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar