Laman

Jumat, 12 Oktober 2012

PENGERTIAN EFISIEN DAN EFEKTIF



 PENGERTIAN EFISIEN DAN EFEKTIF


Prasetyo Budi Saksono (1984) adalah :
Efektifitas adalah seberapa besar tingkat kelekatan output yang dicapai denganoutput yang diharapkan dari sejumlah input.
Beberapa pengertian Efisiensi
Efisiensi adalah perbandingan terbaik antara suatu kegiatan dengan hasilnya. Menurutdefinisi ini, efisiensi terdiri atas 2 unsur yaitu kegiatan dan hasil dari kegiatan tersebut.
Efisiensi
merupakan suatu ukuran keberhasilan yang dinilai dari segi besarnyasumber/biaya untuk mencapai hasil dari kegiatan yang dijalankan.Pengertian efisiensi menurut Mulyamah (1987;3) yaitu:
“Efisiensi merupakan suatu ukuran dalam membandingkan rencana penggunaanmasukan dengan penggunaan yang direalisasikan atau perkataam lain penggunaanyang sebenarnya
SP.Hasibuan (1984;233-4) yang mengutip pernyataan H. Emerson adalah:
“Efisiensi adalah perbandingan yang terbaik antara input (masukan) dan output
efisiensi adalah sesuatu yang kita kerjakan berkaitan dengan menghasilkan hasil yangoptimal dengan tidak membuang banyak waktu dalam proses pengerjaannya.efektif belum tentu efisien dan begitu sebaliknya
 
Beberapa Pengertian Efektif 
Efektif adalah pencapaian hasil yang sesuai dengan tujuan seperti yang telahditetapkan.
Sondang P. Siagian (2001 : 24) memberikan definisi sebagai berikut :
Efektivitas adalah pemanfaatan sumber daya, sarana dan prasarana dalam jumlah tertentu yang secara sadar ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkansejumlah barang atas jasa kegiatan yang dijalankannya. Efektivitas menunjukankeberhasilan dari segi tercapai tidaknya sasaran yang telah ditetapkan. Jika hasilkegiatan semakin mendekati sasaran, berarti makin tinggi efektivitasnya.
Abdurahmat (2003:92)
Efektivitas adalah pemanpaatan sumber daya, sarana dan prasarana dalam jumlah tertentu yang secara sadar ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkansejumlah pekerjaan tepat pada waktunya.
Hidayat (1986) yang menjelaskan bahwa :
Efektifitas adalah suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh target(kuantitas,kualitas dan waktu) telah tercapai. Dimana makin besar presentasetarget yang dicapai, makin tinggi efektifitasnya
.Schemerhon John R. Jr. (1986:35) adalah sebagai berikut :
Efektifitas adalah pencapaian target output yang diukur dengan caramembandingkan output anggaran atau seharusnya (OA) dengan outputrealisasi atau sesungguhnya (OS), jika (OA) > (OS) disebut efektif 

sumber : http/wordpress.com

5 komentar:

  1. boleh minta daftar pustaka nya? soalnya saya lg skripsi sekarang . mohon bantuan nya . bisa dikirim di email saya di nurniyanti@gmail.com . terimakasih :)

    BalasHapus
  2. SP.Hasibuan (1984;233-4) yang mengutip pernyataan H. Emerson, perlu daftar pustakanya dong
    email banie.noerimanz@gmail.com
    thx

    BalasHapus
  3. terima kasih....perkongsian ilmu yg brmanfaat

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus